WARUNG SIDO SEMI, Rasanya Selalu di Hati

Warung Sido Semi adalah warung yang menjual menu bakso dan es. Walaupun tidak jauh berbeda dengan warung makan lain yang menyajikan menu bakso dan es, namun Anda akan menemukan hal luar biasa di tempat ini.

Warung Sido Semi beralamatkan di Jl. Watu Canteng No.2, Kotagede. Lokasinya berada sekitar 100 meter dari lokasi Makam Pendiri Kerajaan Mataram, Kota Gede. Warung Sido Semi sudah berdiri sejak tahun 1957. Namun, suasana warung ini masih sama seperti dulu; dan rupanya inilah yang membuat warung ini selalu dikunjungi oleh para pengunjung setianya. Kesederhanaan warung ini dapat dilihat dari interior yang ada seperti dingklik dan lincak, meja kayu besar, toples-toples jaman dulu, serta jejeran botol-botol Sarsaparila yang memisahkan dapur dengan tempat makan.

Sebuah daftar menu dan harga yang tertempel di dinding membuat Anda seakan terlempar kemasa lalu. Di sana masih terlihat jelas daftar menu yang menggunakan ejaan lama dan harga yang masih menggunakan sen. Kata es tertulis dengan ejaan Ys, untuk Es Kacang Hijau ditulis dengan ejaan Ys Katjang Idjo dan untuk Es Coklat ditulis dengan ejaan Ys Soklat.

Bila tempat makan lain menggunakan kipas angin atau AC untuk mengusir panas, warung Sido Semi menyediakan kipas sate atau kipas yang terbuart dari anyaman bambu  yang dapat digunakan oleh pengunjung saat merasa gerah.

Menu yang ditawarkan Warung Sido Semi adalah bakso dan aneka es. Bakso yang dijual di tempat ini tidak menggunakan sum-sum sapi sebagai perasa, namun menggunakan empal sebagai gantinya. Tidak mengherankan apabila cita rasa sapinya semakin kental di kuahnya.

Es yang menjadi andalan adalah Es Kacang Hijau. Selain itu juga terdapat menu es lainnya seperti Es Buah, Es Coklat, Es Sirup, Es Dawet, dan es lainnya. Untuk minuman hangat, disediakan menu Tape Hangat, Jeruk Hangat, Teh, dan Kopi.

Untuk dapat menikmati hidangan-hidangan yang ada di tempat ini, Anda tidak perlu membayar mahal. Dengan uang Rp10.000,- saja, Anda sudah dapat menikmati semangkuk bakso dan es buah.

Warung Sido Semi tidak buka setiap hari karena setiap Selasa warung yang buka pukul 10.00 hingga pukul  18.00 WIB ini tutup.

How to get there:

  • Becak : Anda dapat menggunakan becak dari Pasar Legi, Kota Gede.
  • Jalan Kaki : Tempat ini tidak jauh dari Pasar Legi. Anda dapat berjalan kaki sekitar 7 menit untuk sampai ke tempat ini.

Tempat kuliner khas Jogja lain yang dapat Anda kunjungi adalah Bakmi Shibitsu yang menyediakan bakmi khas Jogja, Warung Handayani yang menyediakan brongkos, dan Mangut Lele Jetis yang menyediakan mangut khas Jogja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wisata

Snap Cafe, Menikmati Waktu Luang Ditemani Bintang

Di Jl. Gejayan / Afandi No. 55, terdapat sebuah bangunan cafe berlantai dua bergaya modern klasik yang elegan yang bernama Snap Cafe. Cafe  ini menyediakan ruang indoor juga outdoor, uniknya Anda tidak hanya bisa menikmati suasana outdoor di lantai dasar namun juga di pada lantai dua yaitu pada balkon. Saat malam cerah Anda dapat menikmati […]

Read More
Wisata

Soto Sampah, Namanya Tak Seindah Rasanya

Apa yang ada di benak Anda jika mendengar Soto Sampah? Jangan Anda bayangkan sampah-sampah yang dilah menjadi soto, atau lokasinya yang bedekatan dengan tempat sampah.  Soto Sampah sebenarnya merupakan nama yang diberikan oleh para pengunjung. Nama asli soto ini adalah Soto Simak. Selain julukan soto sampah, Soto Simak juga sering di sebut Soto Demit dan […]

Read More
Wisata

Tip Top Ice Cream, Cita Rasa Kejayaan Masa Silam

Ingin tahu bagaimana rasanya ice cream yang umurnya lebih tua dari usia kemerdekaan Indonesia? Coba saja datang ke Tip Top Ice Cream yang berada di Jl. Mangkubumi No. 24. Tip Top Ice Cream  berdiri sejak tahun 1936, sehingga dapat dikatakan bahwa Tip Top turut menjadi saksi bisu sejarah Indonesia. Walaupun sudah berusia lebih dari 80 […]

Read More