WARUNG SIDO SEMI, Rasanya Selalu di Hati

Warung Sido Semi adalah warung yang menjual menu bakso dan es. Walaupun tidak jauh berbeda dengan warung makan lain yang menyajikan menu bakso dan es, namun Anda akan menemukan hal luar biasa di tempat ini.

Warung Sido Semi beralamatkan di Jl. Watu Canteng No.2, Kotagede. Lokasinya berada sekitar 100 meter dari lokasi Makam Pendiri Kerajaan Mataram, Kota Gede. Warung Sido Semi sudah berdiri sejak tahun 1957. Namun, suasana warung ini masih sama seperti dulu; dan rupanya inilah yang membuat warung ini selalu dikunjungi oleh para pengunjung setianya. Kesederhanaan warung ini dapat dilihat dari interior yang ada seperti dingklik dan lincak, meja kayu besar, toples-toples jaman dulu, serta jejeran botol-botol Sarsaparila yang memisahkan dapur dengan tempat makan.

Sebuah daftar menu dan harga yang tertempel di dinding membuat Anda seakan terlempar kemasa lalu. Di sana masih terlihat jelas daftar menu yang menggunakan ejaan lama dan harga yang masih menggunakan sen. Kata es tertulis dengan ejaan Ys, untuk Es Kacang Hijau ditulis dengan ejaan Ys Katjang Idjo dan untuk Es Coklat ditulis dengan ejaan Ys Soklat.

Bila tempat makan lain menggunakan kipas angin atau AC untuk mengusir panas, warung Sido Semi menyediakan kipas sate atau kipas yang terbuart dari anyaman bambu  yang dapat digunakan oleh pengunjung saat merasa gerah.

Menu yang ditawarkan Warung Sido Semi adalah bakso dan aneka es. Bakso yang dijual di tempat ini tidak menggunakan sum-sum sapi sebagai perasa, namun menggunakan empal sebagai gantinya. Tidak mengherankan apabila cita rasa sapinya semakin kental di kuahnya.

Es yang menjadi andalan adalah Es Kacang Hijau. Selain itu juga terdapat menu es lainnya seperti Es Buah, Es Coklat, Es Sirup, Es Dawet, dan es lainnya. Untuk minuman hangat, disediakan menu Tape Hangat, Jeruk Hangat, Teh, dan Kopi.

Untuk dapat menikmati hidangan-hidangan yang ada di tempat ini, Anda tidak perlu membayar mahal. Dengan uang Rp10.000,- saja, Anda sudah dapat menikmati semangkuk bakso dan es buah.

Warung Sido Semi tidak buka setiap hari karena setiap Selasa warung yang buka pukul 10.00 hingga pukul  18.00 WIB ini tutup.

How to get there:

  • Becak : Anda dapat menggunakan becak dari Pasar Legi, Kota Gede.
  • Jalan Kaki : Tempat ini tidak jauh dari Pasar Legi. Anda dapat berjalan kaki sekitar 7 menit untuk sampai ke tempat ini.

Tempat kuliner khas Jogja lain yang dapat Anda kunjungi adalah Bakmi Shibitsu yang menyediakan bakmi khas Jogja, Warung Handayani yang menyediakan brongkos, dan Mangut Lele Jetis yang menyediakan mangut khas Jogja.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Wisata

Lezatnya Masakan Italia di Pepenero Cuciana Italiana

Anda penggemar masakan Italia? Sempatkanlah untuk singgah ke Pepenero Cucina Italiana di Menara Karya Building I Floor, Jalan H.R Rasuna Said Kav 1-2 Mega Kuningan, Jakarta Selatan. Tempat makan dengan konsep semi open kitchen tersebut didekorasi dengan nuansa hitam dan putih. Di dalamnya juga terdapat mini bar. Ada banyak menu yang disajikan Pepenero Cucina Italiana mulai […]

Read More
Wisata

5 Rekomendasi Kuliner di Nusa Dua

Jika berkeliling seharian atau mungkin bermalam di daerah Nusa Dua, tentu tidak mungkin Anda melewatkan kesempatan untuk makan di sana. Nusa Dua memiliki berbagai kuliner pilihan yang wajib Anda datangi satu persatu. Tenang saja, lokasinya dekat dengan beragam hotel Nusa Dua Bali. Jadi dimanapun Anda menginap, rekomendasi tempat makan berikut pasti bisa Anda jangkau dengan […]

Read More
Wisata

Menikmati Kuliner Jepang yang Lengkap dan Berkelas di Takigawa

Kuliner Jepang memang mudah dijumpai di Jakarta. Salah satu tempat bersantap hidangan negeri sakura yang lengkap dan berkelas adalah Takigawa. Restoran ini berlokasi di Setiabudi One Kav. 62GF Unit B110-111, Jalan H.R Rasuna Said, Jakarta Selatan. Nuansa tradisional Jepang menjadi tema utama desain interior Restoran Takigawa. Di dalamnya terdapat tiruan pohon sakura yang indah. Para […]

Read More