Waroeng Semawis Pusat Jajanan Terpanjang di Semarang

Waroeng Semawis atau Pasar Semawis adalah pasar malam yang berada di daerah pecinan Semarang, tepatnya disepanjang jalan Gang Warung. Pasar ini hanya buka pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu. Adanya pasar atau waroeng Semawis ini berasal dari ide perkumpulan Komunitas Pecinan Semarang untuk Pariwisata atau yang sering disebut dengan Kopi Semawis. Pasar Semawis ini diawali pada tahun 2004, dengan diadakannya Pasar Imlek Semawis untuk merayakan diresmikannya Tahun Baru Imlek sebagai hari libur Nasional di Indonesia.

Saat Waroeng Semawis diadakan, beberapa jalan di Pecinan ditutup pada salah satu ujungnya, karena digunakan sebagai tempat parkir kendaraan pengunjung Waroeng Semawis. Jalan-jalan tersebut  adalah jalan Gang Besen, Gambiran, Gang Baru, Gang Tengah, dan Gang Belakang.

Kini Waroeng Semawis dijadikan sebagai kawasan kuliner Semarang. Waroeng Semawis merupakan pusat jajanan terpanjang di kota Semarang. Bebagai kuliner dapat Anda temui di tempat ini, mulai dari kuliner khas Semarang hingga kuliner dari berbagai daerah. Beragam hidangan mulai dari makanan ringan hingga makanan berat dapat Anda temui di tempat ini.

Kuliner-kuliner di tempat ini dijajakan dalam tenda-tenda yang berjajar disepanjang jalan Gang Warung. Kuliner khas Semarang yang dapat Anda jumpai antara lain Pisang Plenet, Nasi Ayam, Loenpia, dan  Es Conglik. Selain itu Anda juga dapat menemukan aneka sate, kue serabi, Wedhang Ronde, Bakmie Jawa, dan berbagai hidangan oriental khas pecinan. Untuk Anda yang Muslim, baiknya Anda bertanya terlebih dahulu tentang kehalalan makanan yang akan Anda beli, karena kebanyakan kuliner yang disajikan di tempat ini tidak halal.

Waroeng Semawis buka mulai pukul 18.00 WIB. Jika Anda datang menjelang perayaan imlek, Anda akan mendapati Gang Warung ini lengkap dengan aksesori perayaan imlek seperti lampion merah. Selain itu Anda juga dapat menikmati pertunjukan kesenian dan kebudayaan Cina sepereti Barongsai, Opera Klasik, konsultasi Feng Shui dan lainnya.

Tempat kuliner lain yang layak Anda kunjungi adalah Pisang PlenetES Conglik, dan Nasi Ayam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wisata

Snap Cafe, Menikmati Waktu Luang Ditemani Bintang

Di Jl. Gejayan / Afandi No. 55, terdapat sebuah bangunan cafe berlantai dua bergaya modern klasik yang elegan yang bernama Snap Cafe. Cafe  ini menyediakan ruang indoor juga outdoor, uniknya Anda tidak hanya bisa menikmati suasana outdoor di lantai dasar namun juga di pada lantai dua yaitu pada balkon. Saat malam cerah Anda dapat menikmati […]

Read More
Wisata

Soto Sampah, Namanya Tak Seindah Rasanya

Apa yang ada di benak Anda jika mendengar Soto Sampah? Jangan Anda bayangkan sampah-sampah yang dilah menjadi soto, atau lokasinya yang bedekatan dengan tempat sampah.  Soto Sampah sebenarnya merupakan nama yang diberikan oleh para pengunjung. Nama asli soto ini adalah Soto Simak. Selain julukan soto sampah, Soto Simak juga sering di sebut Soto Demit dan […]

Read More
Wisata

Tip Top Ice Cream, Cita Rasa Kejayaan Masa Silam

Ingin tahu bagaimana rasanya ice cream yang umurnya lebih tua dari usia kemerdekaan Indonesia? Coba saja datang ke Tip Top Ice Cream yang berada di Jl. Mangkubumi No. 24. Tip Top Ice Cream  berdiri sejak tahun 1936, sehingga dapat dikatakan bahwa Tip Top turut menjadi saksi bisu sejarah Indonesia. Walaupun sudah berusia lebih dari 80 […]

Read More