Transaksi Eksternal Adalah Istilah yang Wajib Diketahui, Berikut dengan Macam-Macam Bukti Transaksinya

Transaksi eksternal adalah transaksi yang terjadi antara pihak ketiga dengan perusahaan sebagai pihak pertama. Transaksi ini bisa terjadi dengan pihak ketiga yang memiliki jumlah lebih dari satu.

 

Dalam transaksi eksternal adalah yang dimaksud dengan pihak ketiga merupakan orang-orang atau badan organisasi yang melakukan kerja sama serta memiliki kepentingan dengan perusahaan. Umumnya meliputi supplier, vendor, partner bisnis, distributor, reseller, berikut dengan agen.

 

Transaksi eksternal yang terjadi antara perusahaan dengan pihak ketiga umumnya merupakan transaksi pertukaran sumber daya yang dimiliki termasuk dengan melibatkan keuangan perusahaan. Oleh sebab itu sangat penting untuk Anda mengetahui macam-macam bukti transaksi eksternal, seperti ulasan di bawah ini!

Macam-Macam Bukti Transaksi Eksternal

 

Dalam ilmu bisnis dan ekonomi utamanya transaksi eksternal Anda harus paham dengan bukti transaksi yang umum dilakukan oleh perusahaan dengan pihak ketiga, seperti:

Surat Jalan

Surat jalan merupakan dokumen yang menandakan kalau barang yang diminta oleh pihak pembeli sudah keluar dari gudang penjual, dan sedang dalam perjalanan menuju gudang pembeli. Surat jalan akan ditandatangani oleh admin gudang, sopir, dan pihak pembeli apabila barang yang dimaksud sudah tiba ditempat tujuan.

Tanda Terima

Tanda terima merupakan dokumen yang menjadi penanda kalau barang sudah diterima oleh perusahaan, dengan catatan kalau perusahaan bertindak sebagai pembeli.

 

Tidak hanya itu saja, tanda terima juga bisa menjadi dokumen yang diterima oleh supplier pada saat proses penagihan dan menjadi bukti. Menjelaskan kalau faktur penjualan berikut dengan lampirannya sudah dikirimkan secara lengkap ke departemen keuangan perusahaan.

Invoice atau Faktur Penjualan

Invoice atau faktur penjualan merupakan dokumen yang memuat informasi mengenai jenis barang yang terjual berikut dengan total harga yang harus dibayarkan oleh pembeli.

 

Umumnya dokumen ini akan dikirimkan kepada pembeli pada saat proses penagihan pembayaran, disertai dengan beberapa lampiran penting seperti surat jalan, faktur pajak, dan form permintaan barang.

Cek

Terakhir ada cek yang merupakan dokumen berisi nominal pembayaran sesuai dengan faktur penjualan yang sudah dikirimkan oleh penjual. Cek juga bisa dikeluarkan oleh bank sebagai bukti transaksi yang kemudian disimpan oleh departemen keuangan.

 

Bagaimana, sudah paham dan mengerti bukan dengan pemahaman transaksi eksternal adalah transaksi yang terjadi antara pihak ketiga dengan perusahaan, berikut dengan macam-macam buktinya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.