Ketombe merupakan kondisi umum yang bisa menyebabkan kulit kepala mengelupas, hal ini umumnya tidak menular atau bahkan bukan merupakan masalah yang sangat serius. Ketombe ringan yang Anda alami juga bisa diatasi dengan sampo harian yang lembut

Kebanyakan orang akan mengalami ketombe di beberapa titik, namun akan lebih sering terjadi pada beberapa orang yang berusia remaja. Ada berbagai kemungkinan penyebab ketombe gatal, termasuk serboik, reaksi alergi, dan eksim.

Reaksi berlebihan terhadap Malassezia, jamur yang muncul di kulit juga bisa menyebabkan dermatitis seboroik. Nah berikut ini beberapa penyebab ketombe gatal:

Apa Saja Penyebab Ketombe Gatal?

1. Kulit kepala sensitif atau kering

Kulit kepala kering atau sensitif bisa disebabkan oleh penggunaan sampo dan conditioner yang tidak cocok untuk kulit kepala. Karena itu, Anda harus berhati-hati sebelum memilih dan menggunakan produk perawatan rambut apa pun.

Untuk kulit kepala kering, disarankan untuk menggunakan produk perawatan rambut yang melembapkan. Sedangkan untuk kulit kepala sensitif, hindari produk perawatan rambut yang keras, pilih yang lembut di kulit kepala.

2. Dermatitis seboroik

Dermatitis seboroik merupakan peradangan kulit kepala dengan gejala iritasi, ketombe, bengkak, kulit memerah, kulit bersisik, gatal, dan rambut rontok.

Anda akan lebih rentan terkena dermatitis seboroik jika: kulit kepala Anda terlalu berminyak, ada garis keturunan genetik dalam keluarga Anda,  menderita psoriasis, Anda mengalami stres emosional yang tinggi, atau sistem kekebalan tubuh Anda rendah.

Shampo anti ketombe yang tepat bisa mengontrol gejala ketombe dan dermatitis seboroik jika digunakan dengan benar dan teratur. Namun, jika gejalanya tidak hilang, segera dapatkan bantuan medis.

3. Infeksi jamur

Penyebab ketombe lainnya ialah karena infeksi jamur Malassezia globosa yang hidup pada sebum di kulit kepala. Jamur ini lalu menghasilkan zat yang bisa  mengiritasi kulit kepala, menyebabkan ketombe, kulit kepala kering, dan gatal-gatal.

Karena jamur memakan minyak atau sebum di kulit kepala, Anda bisa mengontrol bahkan menghilangkan jamur dengan menggunakan sampo anti ketombe secara teratur. Anda dapat membilas sisa minyak atau sebum sehingga jamur tidak dapat tumbuh lagi.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *